FAQ

  Tips /FAQ

Frequently Asked Questions

  • Ketika di siram, air di toilet saya turun dengan lambat dan kotoran masih tertinggal di toilet bowl ?

    Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal : Septic tank di rumah anda penuh dan perlu di sedot. Resapan di rumah anda tidak berfungsi dengan baik(pori-pori resapan tersumbat), sehingga air yang ada di septic tank tidak dapat di resapkan ke tanah. Akibatnya air di septic tank naik dan menutupi pipa pembuangan dari toilet ke septic tank. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan Roto Rooter Septic Tank Treatment. Muka air tanah tinggi dan septic tank di rumah anda bocor, sehingga air tanah masuk ke dalam septic tank dan menutupi pipa pembuangan dari toilet. Solusinya adalah septic tank harus di perbaiki dan dibuat kedap air. Pipa pembuangan dari toilet ke septic tank tersumbat, sehingga perlu di bersihkan. Pipa udara(vent pipe) tersumbat atau bahkan tidak ada sama sekali. Pada saat anda menyiram, air yang masuk ke dalam pipa akan menekan udara yang ada di dalam pipa dan udara ini perlu dialirkan keluar dari pipa melalui vent pipe ini. Jika tidak maka udara ini akan menghambat aliran air dan kotoran yang ada di dalam pipa.

  • Sering kali saya mendengarkan suara seperti peluit, dan nampaknya ada hubungannya dengan plumbing sistem. Saya tidak dapat menemukan apa penyebab bunyi tersebut ?

    Suara tersebut biasanya disebabkan oleh "Fill Valve" yang ada di dalam toilet tank. Kebocoran yang ada di Fill Valve dapat menyebabkan terjadinya bunyi tersebut. Periksa Fill Valve dan atur bola pelampungnya sampai kebocoran dapat diatasi, atau lakukan penggantian.

  • Timbul bau tak sedap pada Kamar Mandi/Toilet di rumah saya. Padahal saya jarang menggunakan toilet tersebut ?

    Periksa floor drain yang ada di kamar mandi/toilet tersebut, apakah kondisinya masih baik, apakah water seal nya masih berfungsi ? Karena floor drain yang baik di lengkapi dengan water seal sistem yang berfungsi untuk mencegah bau tidak sedap masuk ke dalam kamar mandi/ toilet. Air di dalam floor drain ini akan menguap sehingga jika tidak digunakan anda harus secara rutin mengisinya dengan air, agar water seal dapat berfungsi dengan baik. Penggunaan wangi-wangian atau kapur barus tidak megatasi masalah, bahkan akan menimbulkan bau yang aneh, sebagai campuran antara bau busuk dan bau wangi.

  • Hari ini anda membersihkan saluran di dapur saya yang tersumbat. Apa yang harus saya lakukan agar penyumbatan ini tidak terulang kembali ?

    Pertama yang perlu diketahui adalah bahwa penyumbatan tersebut bukannya terjadi seketika. Timbunan lemak dan sabun ini terjadinya sedikit demi sedikit, sampai pada suatu saat akan menutupi seluruh penampang pipa. Problemnya adalah anda tidak akan dapat mengetahui kapan hal ini akan terjadi. Oleh sebab itu anda perlu merawatnya secara rutin sebelum problem terjadi. Untuk perawatan gunakan Roto Rooter Drain Cleaner secara rutin, agar timbunan lemak dan sabun yang mulai menempel di pipa dapat langsung diurai oleh Roto Rooter Drain Cleaner. Jangan menggunakan bahan-bahan kimia, selain berbahaya juga menyebabkan kerusakan pada pipa anda.

  • Tagihan rekening air(PAM) saya tiba-tiba melonjak, padahal penggunaan air saya biasa-biasa saja dan saya sudah periksa tidak ada kran yang bocor ?

    Pastikan bahwa semua kran dalam keadaan tertutup dan periksa apakah meteran air anda bergerak berputar. Jika meteran air anda berputar tandanya telah terjadi kebocoran pada pipa anda dan anda tidak mengetahui di mana letak kebocoran tersebut. Solusinya segera hubungi Roto Rooter untuk mendeteksi lokasi dari kebocoran tersebut.